Cara Seru Work From Home Makin Produktif

Cara Seru Agar Work From Home Makin Produktif

Selama wabah COVID-19, banyak dari FibreSquads menghabiskan waktu untuk bekerja di rumah. Ada banyak manfaat saat work from home (WFH), lebih banyak waktu bersama keluarga hingga hemat waktu karena tidak perlu pergi ke kantor dan menghadapi kemacetan. Namun, juga dapat menjadi bumerang, jika mudah teralihkan dengan gangguan ataupun karena menunda pekerjaan. Hal ini dapat menghambat produktivitas dan selesainya pekerjaan. Sehingga sangat penting untuk mengatur jadwal dan konsisten menjalankannya. Kunci sukses untuk bekerja dari rumah adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan FibreSquads untuk fokus menyelesaikan tugas yang diberikan. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan lingkungan kerja produktif di rumah :

Bersiap Memulai Aktivitas Seperti Biasa

Sama seperti di lingkungan kantor, FibreSquads dapat mengatur ruangan yang kondusif ketika bekerja dari rumah. Bersiaplah untuk kerja seperti waktu biasa FibreSquads pergi ke kantor, walaupun hanya berpindah tempat ke ruang sebelah. Siapkan minuman atau apa pun yang dibutuhkan untuk mendapatkan inspirasi serta kreativitas.

Temukan Posisi yang Nyaman

Beberapa orang merasa mudah bekerja di tempat tidur atau di sofa. Dalam kedua kasus ini, pastikan posisi duduk sudah benar. Salah satu caranya yaitu dengan menopang punggung dengan beberapa bantal. Duduk terlalu lama dengan posisi yang salah akan menyebabkan otot-otot pinggang menjadi tegang. Beban yang paling besar dialami oleh bagian pinggang atau punggung bawah. Beban ini akan semakin berat apabila posisi tubuh ketika duduk tidak sesuai. Akibatnya otot-otot punggung bawah sebagai penahan beban utama akan mengalami kontraksi dan menimbulkan kelelahan. Apabila hal ini terus berlanjut dapat merusak jaringan di sekitar pinggang dan menyebabkan penekanan pada saraf tulang belakang.¹

Selain itu, FibreSquads juga dapat menggunakan meja untuk menyangga laptop hingga posisi layar setinggi mata untuk mengurangi ketegangan pada pundak dan leher. Sebab otot pundak dan leher yang tegang, dapat menjalar ke atas dan menimbulkan sakit kepala.²

Jangan Lupa Bergerak

Saat bekerja sambil duduk di sofa, merupakan hal yang paling menyenangkan, hingga malas untuk bergerak. FibreSquads dapat berkeliling sekitar rumah untuk menyegarkan diri dan untuk mencari ide-ide baru, atau cukup berdiri dan lakukan stretching.³ Selain itu, orang yang bekerja dari rumah biasanya lebih banyak konsumsi camilan dan menaruhnya ditempat yang mudah dijangkau dari tempat duduk. Mengatasi keinginan untuk snacking adalah tantangan terbesar. Jika memang ingin konsumsi camilan, pastikan untuk memilih camilan yang sehat, seperti sayur, buah, oat, dan yoghurt lebih baik dibanding keripik dan biskuit.

Nyalakan Lampu

Cahaya matahari yang masuk melalui jendela memang indah, tetapi berbahaya apabila paparan sinar matahari yang menerangi ruangan tidak mencukupi saat bekerja. Menggunakan laptop dengan intensitas cahaya yang redup dapat menyebabkan rasa silau dan kelelahan mata. Gejala yang dapat muncul diantaranya sakit pada mata, mata berair atau kering, pandangan tidak fokus, hingga dapat timbul rasa pusing.⁴



¹ O’Keeffe, M., Dankaerts, W., O’Sullivan, P., O’Sullivan, L., & O’Sullivan, K. (2013). Specific flexion-related low back pain and sitting: comparison of seated discomfort on two different chairs. Ergonomics, 56(4), 650-658.
² Fernández‐de‐las‐Peñas, C., Alonso‐Blanco, C., Cuadrado, M. L., Gerwin, R. D., & Pareja, J. A. (2006). Trigger points in the suboccipital muscles and forward head posture in tension‐type headache. Headache: The Journal of Head and Face Pain, 46(3), 454-460.
³ World Health Organization. (April 8, 2020). Be Active During Covid-19. Retrieved from https://www.who.int/news-room/q-a-detail/be-active-during-covid-19
⁴ Coles‐Brennan, C., Sulley, A., & Young, G. (2019). Management of digital eye strain. Clinical and Experimental Optometry, 102(1), 18-29.