Cari Tahu Jumlah Kebutuhan Serat Menurut Usia Kamu Yuk | FibreFirst
Publish Date: 10 October 2022

Cari Tahu Jumlah Kebutuhan Serat Menurut Usia Kamu Yuk

Mengetahui kebutuhan nutrisi atau zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita sangatlah penting agar tubuh dapat berfungsi dengan optimal dan tetap sehat. Secara umum, zat gizi dapat dibagi menjadi dua, yaitu zat gizi makro dan zat gizi mikro.

Contoh dari zat gizi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak, sedangkan zat gizi mikro adalah vitamin dan mineral. Salah satu zat gizi yang penting tapi sering diabaikan adalah asupan serat, padahal serat merupakan salah satu zat gizi penting untuk kesehatan kita, termasuk kesehatan pencernaan.

FibreSquads sudah tahu belum serat itu apa?

Serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, biasanya ditemukan pada tumbuhan contohnya seperti buah-buhan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan. Berdasarkan tingkat kelarutannya, serat terdiri dari dua jenis, yaitu serat laut air dan tidak larut air. Serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan seperti mencegah sembelit, mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolestrol, dan dapat membantu untuk penurunan berat badan.¹

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2018 menunjukan jika masyarakat Indonesia kurang konsumsi buah dan sayuran sehingga berisiko kekurangan serat. Data menyebutkan sebanyak 95,4% masyarakat Indonesia atau 9 dari 10 masyarakat Indonesia kurang menghgfcxonsumsi makanan yang mengandung serat.³

Kebutuhan serat per hari berbeda untuk setiap orang, tergantung pada usia dan jenis kelaminnya. FibreSquads perlu menyesuaikan dengan jumlah asupan serat yang dianjurkan setiap harinya agar kesehatan pencernaan kamu tetap terjaga dan tubuh kamu juga selalu sehat.

Yuk cek kebutuhan serat FibreSquads berdasarkan Angka Kebutuhan Gizi (AKG) masing-masing usia yang perlu dipenuhi menurut Kemenkes RI:²

  1. Anak – anak
  2. Usia 1-12 tahun membutuhkan serat per hari sebanyak 19-28 gram.
  3. Remaja
  4. Remaja laki-laki dengan usia 13-18 tahun memerlukan serat per hari 34-37 gram, sedangkan remaja perempuan usia 13-18 tahun membutuhkan serat lebih rendah, sebanyak 29 gram per hari.
  5. Dewasa
  6. Kebutuhan serat untuk pria usia 19-29 tahun 37 gram per hari, sedangkan untuk pria usia 30-49 tahun sebanyak 36 gram. Wanita usia 19-29 tahun memiliki kebutuhan serat 32 gram per hari, sedangkan wanita usia 30-49 tahun membutuhkan 30 gram per hari.
  7. Lanjut Usia (Lansia)
  8. Untuk kebutuhan serat laki-laki usia 50-64 tahun adalah 30 gram, sedangkan untuk laki-laki usia 65-80 tahun kebutuhan seratnya 25 gram per hari. Kebutuhan serat pada wanita usia 50-64 tahun 25 gram, dan wanita usia 65-80 tahun membutuhkan serat 22 gram per hari.

Dari kebutuhan serat yang dianjurkan untuk tubuh kita cara untuk mencukupinya adalah dengan konsumsi makan-makanan tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran. Pola makan bergizi seimbang juga menganjurkan konsumsi 400 gram buah dan sayuran dalam sehari. Tetapi jika FibreSquads tidak dapat memenuhi asupan serat harian dari makanan sehari-hari, kamu dapat mengonsumsi suplemen tinggi serat untuk membantu memenuhi kecukupan serat harian.

FibreFirst, suplemen TINGGI SERAT dan NUTRISI dari sayur dan buah. Konsumsi 1 (satu) sachet FibreFirst sebelum tidur, untuk membantu memenuhi asupan serat harian dan mendetoksifikasi pencernaan.

Sumber:
¹ https://kidshealth.org/en/teens/fiber.html
² AKG 2019 (KEMENKES RI) http://hukor.kemkes.go.id/
³ https://www.litbang.kemkes.go.id/laporan-riset-kesehatan-dasar-riskesdas/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =