Masih Malas Berolahraga, Kamu akan Berubah Pikiran Setelah Membaca ini

Masih Malas Berolahraga? Kamu akan Berubah Pikiran Setelah Membaca ini

Malas olahraga? Kebanyakan dari kita tidak menjadikan olahraga sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari. Ada banyak manfaat dengan melakukan olahraga secara rutin, antara lain dapat membantu kamu meningkatkan imunitas tubuh, menangani stres dengan lebih baik, mengurangi risiko penyakit, serta terlihat bugar. Menemukan cara untuk berolahraga yang sesuai dengan kepribadian, lebih baik dibandingkan dengan memaksakan diri sendiri untuk melakukan olahraga yang tidak disukai. Jika kamu orang yang suka bersosialisasi, lakukan sesuatu yang melibatkan kamu dengan kelompok. Seperti mulai dengan jogging atau bersepeda bersama dengan teman-teman. Berolahraga secara kelompok dengan temen-teman adalah cara yang bagus untuk tetap termotivasi dan menghindari berolahraga sendirian. Jika kamu lebih menyukai berolahraga sendirian, berlari atau berenang mungkin lebih cocok.

Olahraga yang baik, adalah yang dapat dilakukan secara terus-menerus dan konsisten. Diperlukan waktu agar perilaku baru dapat menjadi kebiasaan. Salah satu caranya adalah mencoba untuk berolahraga pada waktu yang sama setiap hari. Olahraga bisa membuat kamu merasa “kecanduan”, kemudian menjadi kebiasaan, dan kamu akan merasa berbeda ketika tidak melakukannya. Berikut tips yang dapat mengubah pikiranmu untuk mulai membiasakan olahraga.

1. Bangun rutinitas untuk berolahraga

Sesuaikan olahraga dengan jadwal dan gaya hidup kamu, sehingga tidak terasa seperti sesuatu yang berat. Tidak berarti kamu harus mengurangi ataupun meninggalkan hal yang kamu sukai, seperti waktu ketika bersama teman dan keluarga. Penting juga untuk membangun motivasi untuk kamu memulai olahraga. Motivasi bukan suatu hal yang tercipta dengan sendirinya, tapi harus kamu buat dan ciptakan sendiri. Untuk keberhasilan olahraga, kamu harus mulai dari pikiran mu juga.

2. Hancurkan alasan untuk tidak berolahraga

Kalau alasan tidak bisa bangun pagi menjadi hambatan untuk kamu berolahraga, kamu harus mencari alasan lainnya. Tidak masalah untuk melakukan aktivitas fisik kapanpun kamu punya waktu, baik itu pagi ataupun malam hari. Kamu dapat melakukan rutinitas peregangan cepat ketika bangun tidur atau berjalan keliling tempat kerja setelah makan siang. Keluar rumah ketika cuaca cerah pada pagi atau sore hari adalah waktu yang tepat berolahraga di luar ruangan. Hindari aktivitas di luar ruangan dari pukul 12:00 – 15:00, karena merupakan waktu terpanas dalam sehari.

3. Teruskan olahraga yang sudah dilakukan

Jika kamu melewatkan satu hari untuk latihan, jangan khawatir tentang hal itu. Pastikan kamu melakukannya lagi pada hari berikutnya. Dan jika apa yang telah kamu lakukan tidak sesuai untukmu. Kamu mungkin perlu mencoba aktivitas yang berbeda atau waktu yang berbeda dalam sehari. Jangan menyerah!

Hal lain yang perlu menjadi perhatian khusus adalah untuk tetap terhidrasi selama berolahraga. Minumlah air putih sebelum, selama, dan sesudah aktivitas, bahkan jika kamu tidak merasa haus. Bawalah botol air untuk memudahkan hidrasi, isi dengan smoothie dari buah-sayur atau infused water sebagai variasi.¹ Buah dan sayur kaya akan serat, vitamin, mineral, dan zat lain yang dibutuhkan tubuh kamu agar berfungsi dengan baik. Selain itu, buah dan sayur juga rendah kalori dan lemak. Jadi cocok buat kamu yang berusaha untuk menurunkan berat badan.² Kemudian kenakan pakaian yang ringan dan berwarna cerah yang terbuat dari kain anti lembab. Jangan lupa untuk lindungi diri kamu dengan kacamata hitam, topi, dan tabir surya. So, tunggu apa lagi, untuk kamu yang belum berolahraga, ayo mulai bergerak sekarang.




¹ Healthline. (September 9, 2020). Healthline. (September 9, 2020). Eating the Right Foods for Exercise. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/eat-after-workout
² Healthline. (September 9, 2020). Eating the Right Foods for Exercise. Retrieved from https://www.healthline.com/health/fitness-exercise-eating-healthy#fruits-and-vegetables