Membuat Resolusi Tahun Baru Lebih Sehat selama COVID-19

Membuat Resolusi Tahun Baru Lebih Sehat selama COVID-19

Tahun baru identik dengan awal yang baru dan juga harapan baru bagi banyak orang. Selain itu, tahun baru juga sering kali menjadi waktu untuk refleksi diri dan memikirkan tentang apa yang ingin kita ubah dan capai dalam hidup. Terlebih lagi, tahun 2020 menjadi tahun yang cukup berat bagi kita semua karena kita dihadapkan pada kondisi pandemi penyakit COVID-19 yang membawa berbagai perubahan dalam hidup kita, baik secara pribadi maupun sosial. Tahun 2020 juga mengajarkan kita untuk menghargai berbagai hal yang dulu kita anggap sebagai sesuatu yang biasa, misal bertemu dan bersalaman dengan orang lain. Kita menyadari pentingnya hubungan dan koneksi dengan keluarga dan teman, serta bagaimana merawat diri sendiri dengan baik. Tidak heran, jika awal tahun 2021, banyak dari kita menetapkan beragam resolusi atau target yang mengedepankan kesehatan, seperti menurunkan berat badan, mengikuti pola makan yang lebih sehat, dan memulai rutinitas olahraga.

Dengan hal yang sudah kita lalui selama tahun 2020 lalu, beberapa hal di bawah ini sepertinya dapat menjadi target prioritas bagi kita untuk dapat dilakukan sepanjang tahun 2021, antara lain:

1. Penurunan Berat Badan

Dengan berbagai hal yang dihadapi selama tahun 2020, kita lebih banyak berada di rumah dan melakukan segala sesuatu dari rumah, tingkat stres yang tinggi, jarang beraktivitas fisik, ditambah banyak konsumsi makanan yang tinggi kalori, dapat mengakibatkan peningkatan berat badan. Meskipun di tahun 2021, kita juga masih harus menghadapi pandemi COVID-19, menjaga berat badan ideal menjadi salah satu bentuk kasih sayang terhadap diri kita sendiri. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal adalah mengonsumsi makanan yang sehat, tetap rutin melakukan aktivitas fisik, memperhatikan kualitas dan durasi tidur, serta memberikan ruang untuk mengelola rasa stres.

2. Mengerem Kebiasaan “Ngidam”

Pasti kita sering tiba-tiba menginginkan suatu jenis makanan atau mengidamkan makanan tertentu. Meskipun jenis makanan yang diinginkan setiap orang dapat berbeda-beda, tetapi biasanya yang diinginkan adalah makanan yang tinggi kalori, tinggi gula, atau makanan cepat saji. Daripada menuruti keinginan tersebut, mulailah belajar untuk mengerem kebiasaan tersebut. Minum segelas air, mengunyah permen karet, dan memiliki waktu tidur yang cukup, dapat membantu mengerem keinginan tersebut.

3. Prioritaskan Kesehatan Mental

Setelah melalui berbagai perubahan di tahun lalu, sepertinya tahun ini menjadi waktu agar kita lebih memperhatikan kesehatan mental. Caranya yaitu dengan menanyakan kembali kepada diri kita, tentang apa yang kita rasakan, pikirkan, serta alami secara fisik. Misalnya, ketika kita merasa cemas tentang suatu hal, lalu kita mulai merasa sulit fokus, sesak, atau laju pernapasan meningkat. Saat merasakan hal tersebut, kita dapat mencari dukungan dari temen terdekat yang kita percaya, atau juga dari keluarga terkasih. Jika rasa cemas atau rasa emosional lainnya sudah memengaruhi kesehatan fisik hingga profesional, carilah bantuan dari tenaga kesehatan.

4. Jaga Kesehatan Pencernaan

Di masa pandemi ditambah memasuki musim hujan, tubuh menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Menjaga imunitas tetap kuat menjadi hal yang harus diprioritaskan agar tubuh kita tetap sehat. Imunitas atau kekebalan tubuh adalah pertahanan alami yang tubuh kita miliki, sel-sel imun diibaratkan seperti tentara yang akan melawan patogen penyebab penyakit. Rumah atau markas dari sel imun, 70% nya ada di pencernaan kita, sehingga menjaga kesehatan pencernaan akan mengoptimalkan imunitas tubuh juga. Pola makan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan pencernaan. Konsumsi makanan yang tinggi serat serta rendah lemak, misalnya buah dan sayuran, dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan kita. Isi setengah piring makan dengan buah dan sayuran, jika tidak memungkinkan, kita dapat mengonsumsi suplemen kaya serat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan kita.