Tetap Makan Sehat Selama Work from Home. Bisa!

Tetap Makan Sehat Selama Work From Home? Bisa!

#JagaJarak atau dikenal juga dengan physical distancing menjadi salah satu pencegahan infeksi virus Corona, contoh penerapan physical distancing adalah bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Saat bekerja dari rumah akan terasa lebih fleksibel, Ketika bosan bekerja di ruang kerja, kita bisa pindah ke ruangan lainnya. Selain itu, waktu makan dan kemudahan akses kita terhadap makanan juga lebih fleksibel. Untuk memulai pekerjaan atau menyelesaikan deadline, tubuh FibreSquads membutuhkan makanan sebagai asupan untuk otak. Tidak jarang, FibreSquads juga makan saat tidak lapar, ketika merasa cemas dengan berbagai pekerjaan atau mendengar perkembangan berita, saat bosan, dan sejumlah rangsangan emosional lainnya. Awalnya mungkin hanya ingin makan beberapa keping keripik atau biskuit, tapi ternyata berakhir dengan mengonsumsi satu kemasan penuh.

Menjaga nutrisi tetap terkontrol dan mengonsumsi makanan yang sehat, bisa jadi semakin sulit ketika bekerja dari rumah. Coba sekarang FibreSquads cek ke lemari pendingin masing-masing. Apakah sebagian besar isinya adalah buah, sayuran, dan beragam kacang-kacangan, atau justru camilan berbagai rasa, mulai dari camilan asin seperti keripik, hingga camilan manis seperti permen dan cokelat? Memang, rasanya lebih nyaman saat banyak tersedia makanan di rumah. Tidak seperti di kantor, saat bekerja dari rumah, FibreSquads dapat dengan bebas makan dan mengemil sepanjang hari karena isi lemari pendingin adalah milik sendiri. Namun kebiasaan ini dapat menambah asupan kalori, lemak, yang akhirnya meningkatkan berat badan serta menurunkan produktivitas.

Jadi bagaimana cara keluar dari masalah ini? Berikut beberapa hal yang bisa FibreSquads terapkan agar tetap makan secara sehat dan tidak berlebihan selama bekerja dari rumah :

Jangan makan di area kerja

Meskipun area kerja ketika bekerja dari rumah menjadi lebih fleksibel, tapi jangan biasakan makan di area kita bekerja. Jadi jangan bawa pekerjaan FibreSquads ke area dapur atau ruang makan ya. Dengan melakukan hal tersebut, FibreSquads harus pindah dan menggerakkan tubuh ketika ingin makan sesuatu. Ketika bergerak atau berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain, otot-otot tubuh akan bekerja, dan tubuh juga membakar beberapa kalori. Selain itu, semakin sering kita melihat makanan tersedia di depan mata, kita akan semakin sulit untuk mengabaikan makanan tersebut.

Fokus ketika makan

Melakukan aktivitas lain ketika makan, justru akan memicu FibreSuads makan berlebihan. Ketika makan, fokus saja dengan aktivitas makan tersebut. Hindari makan sambil bekerja, menonton TV, atau bermain dengan smartphone. Hal tersebut cenderung membuat FibreSquads merasa kurang kenyang, beberapa orang bahkan tidak dapat mengingat apa yang mereka makan dan kapan, yang menyebabkan makan lebih banyak lagi. Dengan menyisihkan waktu khusus untuk makan, FibreSquads tahu berapa banyak makanan yang sudah dikonsumsi, dan dapat mengenali rasa lapar serta rasa kenyang lebih baik, sehingga dapat membantu menghindari makan berlebihan.¹

Pastikan untuk memilih camilan sehat

Dibandingkan mengonsumsi berbagai camilan tinggi kalori dan garam, seperti aneka keripik, FibreSquads bisa memenuhi isi lemari pendingin dengan camilan yang sehat. Makanan sehat atau camilan sehat yang harus masuk dalam daftar belanja seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan tinggi serat lainnya. Camilan dapat diatur hingga konsumsinya menjadi tiga kali sehari, tetapi dengan membatasi kalori sekitar 100-200 kalori untuk setiap waktu camilan.² Konsumsi camilan yang tinggi serat juga akan membuat FibreSquads merasa lebih kenyang, dan serat juga bermanfaat untuk menjaga Kesehatan sistem pencernaan. Ingat, 70% dari sel  imun terdapat pada pencernaan kita, sehingga Kesehatan sistem pencernaan akan memengaruhi imun atau daya tahan tubuh. Pasti FibreSquads ingin tetap sehat dan terhindar dari infeksi penyakit selama bekerja dari rumah kan.

Coba untuk menikmati proses makan

Makan bukan hanya sebagai syarat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari, tetapi jadikan proses makan sebagai salah satu kesenangan atau rasa nyaman yang dapat FibreSquads rasakan.³ Karena nyatanya, rasa senang, kepuasan, dan kenikmatan terkait makan merupakan bagian penting dari pola makan sehat. Tubuh akan mencerna makanan dengan lebih baik dan nutrisi dari makanan juga diserap optimal oleh tubuh.



¹ WebMD. (April 9, 2020). 7 Tips for Eating While You Work. Retrieved from https://www.webmd.com/food-recipes/features/7-tips-eating-while-you-work#1
² WebMD. (April 9, 2020). Easy, Healthy Workplace Snacks. Retrieved from https://www.webmd.com/diet/features/easy-healthy-workplace-snacks#1
³ Psych Central. (April 9, 2020). Why Are You Overeating?. Retrieved from https://psychcentral.com/lib/why-are-you-overeating/?li_source=LI&li_medium=popular17