Tips Aman dan Nyaman Liburan di Masa Pandemi COVID-19

Tips Aman dan Nyaman Liburan di Masa Pandemi COVID-19

Akhir tahun, libur natal serta tahun baru, merupakan salah satu waktu untuk berlibur dan bepergian yang dinantikan oleh banyak orang. Akan tetapi, karena situasi pandemi, rasa takut akan tertular virus Corona ketika sedang berlibur membuat orang berpikir berkali-kali untuk bepergian. Namun, saat ini Indonesia sedang memberlakukan New Normal dan kita dapat bepergian apabila diperlukan.

Dilansir dari WHO, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bepergian, selama perjalanan, dan saat tiba di tempat tujuan, untuk menghindari penularan COVID-19 saat bepergian, antara lain:¹

Sebelum Bepergian

  • Untuk kelompok risiko tinggi (berusia > 60 tahun atau sudah memiliki kondisi kesehatan tertentu) jangan bepergian kecuali benar-benar diperlukan
  • Jangan bepergian jika pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 atau jika kamu menunjukkan gejala COVID-19 (radang tenggorokan, demam, batuk, sulit bernapas)
  • Lakukan pemesanan secara online, lakukan check-in di situs jaringan
  • Jaga jarak fisik minimal 1 (satu) meter selama proses pra-boarding
  • Ikuti anjuran setempat mengenai penanganan COVID-19, baik di stasiun, Pelabuhan, atau bandara

Selama Perjalanan

  • Jika memungkinkan, usahakan menjaga jarak fisik dari orang lain
  • Jangan menyentuh, memeluk, atau bersalaman dengan orang lain
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut
  • Selalu gunakan masker
  • Sebisa mungkin, hindari menyentuh permukaan benda yang digunakan Bersama orang lain, misal pegangan pintu, pegangan tangga, dll
  • Rajin membersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun, atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol

Di Tempat Tujuan

  • Jaga jarak fisik setidaknya 1 (satu) meter saat keluar dari pesawat atau moda transportasi lainnya, saat mengantre, maupun menunggu transportasi
  • Ikuti peraturan pemerintah setempat saat turun di stasiun, Pelabuhan, atau bandara
  • Jika mengalami gejala COVID-19 segera lapor ke dinas kesehatan setempat

Penggunaan masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak fisik minimal 1 meter, menjadi hal yang penting untuk selalu diperhatikan selama bepergian dan pencegahan penularan COVID-19.² Jika tidak memungkinkan untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, kita dapat menggunakan antiseptik berbahan dasar alkohol (minimal 60%). Jadi tidak ada salahnya untuk selalu membawa antiseptik atau disinfektan selama sedang bepergian. Pastikan juga tangan kita sudah dalam kondisi bersih, setelah mencuci tangan atau menggunakan antiseptik, sebelum memakai dan melepas masker.

Kamu juga dapat melakukan beberapa riset mengenai tempat atau lokasi yang akan kamu kunjungi, misal bagaimana kasus positif COVID-19 di area tersebut atau peraturan pemerintah setempat. Jika ternyata kasus penyebaran COVID-19 di area yang ingin kamu kunjungi ternyata sangat tinggi, sebaiknya ubah jadwal bepergianmu dan mengambil waktu istirahat dengan melakukan berbagai hal menyenangkan di rumah. Meskipun bepergian dan berlibur tentu akan menyenangkan, tetapi kita pasti tidak mau kan pulang dari bepergian atau berlibur, justru akan sakit atau membawa virus penyebab penyakit untuk orang-orang tersayang.

Terakhir, pastikan selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi seimbang, karena sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjaga tubuh kita dari serangan berbagai patogen penyebab penyakit. Konsumsi pangan yang beragam, termasuk berbagai macam buah dan sayuran beraneka warna, karena makanan tersebut mengandung serat, beragam vitamin, mineral, dan antioksidan, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tetap perhatikan kesehatan dan keselamatan selama masa liburan yaa. Selamat berlibur FibreSquads!




¹ WHO. “Safe travel during COVID-19”.Retrieved from https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/new-infographics/safe-travel (Accessed on 23 Dec 2020)
² Chu, Derek K., et al. “Physical distancing, face masks, and eye protection to prevent person-to-person transmission of SARS-CoV-2 and COVID-19: a systematic review and meta-analysis.” The Lancet (2020).